Mengenal Lebih Dalam Tentang Spa Bayi dan Kegunaannya

baby spa jakarta, baby spa surabaya

Apa Itu Spa Bayi?

Baby spa atau spa bayi merupakan sebuah perawatan yang dibuat untuk merangsang stimulasi untuk bayi dalam rentang usia sampai dengan tiga tahun. Secara umum, spa ini terbagi menjadi 2 sesi, yakni

  • Sesi pertama atau yang paling utama ini adalah berenang. Pada sesi ini, buah hati Anda akan berendam di dalam kolam renang khusus untuk bayi selama 10-15 menit. Pada sesi ini biasanya buah hati Anda akan dilihat reaksinya terhadap kedalaman air. Durasi dari sesi pertama ini dapat berlangsung sampai 30 menit apabila buah hati terlihat sudah biasa terhadap kedalaman air.
  • Sesi kedua dari rangkaian ini adalah buah hati Anda akan dipijat oleh seorang terapis dengan kurun waktu 15 menit.

Apa Keuntungannya?

Popularitasnya yang semakin melambung tinggi membuat para pakar kesehatan mencoba untuk mengulik lebih lanjut tentang manfaat dari spa ini. Menurut beberapa penelitian, spa bayi ini ternyata memiliki sejumlah manfaat untuk tumbuh kembang bayi. Seperti:

  • Melatih refleks bayi untuk berenang
  • Melatih perkembangan motorik dan juga koordinasi tubuh dari bayi
  • Meningkatkan kekuatan otot dan tulang bayi lewat gerakan yang terjadi ketika bayi berada didalam air yang tekanannya lebih besar.
  • Membuat bayi merasa rileks dan tenang
  • Mencegah masalah pencernaan
  • Meningkatkan perkembangan otak lewat stimulasi sensorik sang bayi
  • Belajar bersosialisasi dengan bayi lainnya

Berapa Rentang Umur yang Dianjurkan Untuk Dapat Melakukan Spa Bayi?

Rentang umur yang tepat untuk mengajak buah hati Anda melakukan spa adalah dari umur 3 sampai 6 bulan. Pada usia tersebut Anda dapat melakukan spa untuk bayi Anda karena kepala bayi sudah dalam keadaan tegak, selain itu pada usia tersebut buah hati Anda juga sudah memiliki refleks untuk berenang maupun menyelam.

Namun sesungguhnya, setiap bayi yang baru saja lahir memiliki refleks lain yang disebut dengan mammalian diving reflex. Apabila Anda sering mendengar bayi yang suka menendang saat di dalam kandungan, maka refleks ini juga lah yang memungkinkan bayi untuk menendang dan menahan nafas dalam air, dan mencegah air masuk ke dalam paru-paru. Sayangnya, refleks ini akan hilang ketika anak sudah memasuki bulan ke 6. Untuk melakukan kegiatan berenang sedari dini ini pun membutuhkan pendampingan dari tenaga ahli khusus yang bersertifikat.

Pentingkah Melakukan Baby Spa?

Bagi sebagian orang ada yang menganggap melakukan baby spa untuk si kecil dapat berdampak buruk bagi kesehatan buah hati. Namun, hal itu tentu saja tidak benar, karena seperti yang dilansir dari laman IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) proses dari kegiatan spa mulai dari ketika bayi berada didalam air sampai pijat bayi terbukti memberikan dampak positif pada pertumbuhan dan perkembangan bayi Anda. Hidroterapi juga disebut dapat meningkatkan daya imunitas buah hati Anda, walaupun secara ilmiah masih belum ada bukti tentang mekanismenya.

Apa Saja Persiapan yang Harus Dilakukan?

Walaupun kegiatan baby spa ini cukup bermanfaat, beberapa ahli mengatakan bahwa baby spa ini tidak wajib untuk diikuti oleh anak Anda. Bukan berarti Anda tidak boleh sama sekali untuk membawa buah hati Anda ke spa ini, namun manfaat dari baby spa ini juga bisa Anda dapatkan dengan dilakukan secara langsung di rumah. Tentu saja Anda membutuhkan pendampingan khusus sebelumnya untuk menghindari kesalahan dalam melakukan kegiatan ini di rumah. Berikut ini adalah tips yang perlu Anda perhatikan sebelum Anda membawa buah hati Anda ke baby spa ini.

  • Pastikan buah hati Anda dalam keadaan sudah mengonsumsi makanan dan dalam keadaan kenyang. Pastikan juga bahwa buah hati Anda tidak dalam keadaan mengantuk.
  • Riset terlebih dahulu mengenai baby spa yang terekomendasi dari orang-orang. Perhatikan juga metode penyaringan air kolamnya, bahan kimia apa saja yang ada didalam kolam tersebut, serta minyak pijat apa yang digunakan. Hal ini sangat perlu diperhatikan agar meminimalisir adanya reaksi terhadap alergi.
  • Usahakan pula untuk mengikuti spa ini bersama bayi-bayi lainnya untuk meningkatkan sosialisasi dari buah hati Anda.

Itulah tadi ulasan singkat mengenai apa itu baby spa dan kegunaannya, serta tips apa saja yang harus dipersiapkan sebelum Anda membawa buah hati ke baby spa. Secara umum, baby spa memiliki berbagai manfaat untuk menciptakan rasa senang dan meningkatkan hubungan antara bayi dengan orangtua. Baby spa yang termasuk dengan terapi air ini pun memiliki pengaruh yang positif terhadap tumbuh kembang dari buah hati Anda. Selain untuk alasan kesehatan, kegiatan ini juga dapat menjadi ajang rekreasi dan pembelajaran bagi si kecil.

Apabila Anda belum siap meyerahkan si kecil untuk disentuh orang asing, terutama pada sesi pijat, maka Anda dapat memulai untuk memberikan kelas berenang terlebih dahulu. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa selain dapat meningkatkan kemampuan motorik si kecil, meskipun tanpa proses pemijatan, kegiatan berenang ini pun dapat memperkuat hubungan ikatan Anda dengan si buah hati. Bagi Anda yang ingin mencoba melakukan dan ingin mengetahui lebi lanjut terapi renang sejak dini ini, Anda dapat langsung mengunjungi laman resmi dari Aquababies di https://aquababiesindonesia.id/.

baby spa jakarta, baby spa surabaya