8 Manfaat Baby Swimming

baby swimming
baby swimming

Ketika bayi Anda belum cukup umur untuk berjalan, mungkin terdengar konyol untuk membawanya ke kolam renang. Tetapi, taukah Anda? Ada begitu banyak manfaat dengan bermain air dan berada di dalam air. Berada di dalam air mampu melibatkan tubuh bayi Anda dengan cara yang benar-benar unik, menciptakan miliaran neuron baru saat bayi Anda menendang, meluncur, dan menampar air. Untuk membantu Anda memahami lebih lanjut mengenai manfaat dari baby swimming ini, berikut ini Kami sampaikan berbagai manfaat potensial dari baby swimming.

Artikel Lainnya : Baby Spa

Baby swimming dapat meningkatkan fungsi kognitif

Baby swimming dapat meningkatkan fungsi kognitif

Anak-anak yang berenang sejak dini memiliki kemajuan dalam perkembangan fisik dan mental bila dibandingkan dengan teman sebayanya yang tidak berenang. Perkembangan ini termasuk keterampilan verbal, keterampilan matematika, dan keterampilan membaca, serta mengingat cerita dan memahami arah. Hal ini dapat terjadi karena gerakan lintas pola bilateral dalam berenang, yang menggunakan kedua sisi tubuh untuk melakukan suatu tindakan, membantu otak bayi Anda tumbuh. Gerakan lintas pola ini membangun neuron di seluruh otak, tetapi terutama di corpus callosum. Ini memfasilitasi komunikasi, umpan balik, dan modulasi dari satu sisi otak ke sisi yang lain. Akhirnya, ini dapat meningkatkan:

  • kemampuan membaca
  • perkembangan bahasa
  • pembelajaran akademik
  • kesadaran spasial

Saat berenang, bayi Anda akan menggerakkan tangan mereka sambil menendang kaki mereka. Dan mereka melakukan tindakan ini di dalam air, yang berarti otak mereka mendaftarkan sensasi sentuhan air ditambah daya tahannya. Tidak hanya perkembangan fisik dan mental saja, tetapi berenang juga bisa menjadi pengalaman sosial yang unik, yang semakin meningkatkan kekuatan otaknya.

Baby swimming dapat mengurangi risiko tenggelam

Baby swimming dapat mengurangi risiko tenggelam

Baby swimming dapat mengurangi risiko tenggelam pada anak. Tenggelam adalah penyebab utama kematian di antara anak-anak dan balita. Untuk itu, les renang atau kursus renang mungkin bermanfaat. Bahkan bayi pun bisa diajarkan keterampilan berenang, seperti melayang di punggung mereka. Tetapi, meskipun anak Anda telah mengikuti les renang, mereka tetap harus diawasi setiap saat saat berada di dalam air.

Baby Swimming dapat meningkatkan kepercayaan diri

Baby Swimming dapat meningkatkan kepercayaan diri

Anak yang belajar renang sejak dini lebih baik beradaptasi dengan situasi baru, memiliki kepercayaan diri yang lebih besar, dan lebih mandiri daripada tidak. Hal ini dikarenakan sebagian besar baby swimming meliputi elemen seperti permainan air, lagu, dan kontak kulit dengan orang tua atau pengasuh. Anak-anak pun berinteraksi satu sama lain dan dengan instruktur, dan belajar dalam kelompok. Elemen-elemen ini, yang kemudian ditambahkan ke dalam kesenangan mempelajari keterampilan baru, sehingga dapat meningkatkan harga diri bayi Anda. Adapun sebuah program yang mencakup baby swimming dikaitkan dengan:

  • kontrol diri yang lebih besar
  • keinginan kuat untuk sukses
  • harga diri yang lebih baik
  • lebih nyaman dalam situasi sosial

Meningkatkan waktu berkualitas antara pengasuh dan bayi

Meningkatkan waktu berkualitas antara pengasuh dan bayi

Bahkan jika Anda memiliki lebih dari satu anak, berenang yang melibatkan orang tua di dalam air mempromosikan ikatan satu lawan satu. Selama pelajaran, hanya Anda dan si kecil yang fokus satu sama lain. Jadi, ini cara yang luar biasa untuk menghabiskan waktu berkualitas sendirian bersama sang buah hati. Untuk membantu Anda, Anda bisa menunjuk ahli yang menawarkan kursus renang.

  • Setiap periode berlangsung selama 10 minggu dalam durasi.
  • Setiap kelas berlangsung sekitar 30 menit, kecuali untuk kelas Hatchlings kami (0-5 bulan).
  • Setiap minggu memiliki tema di mana kami memperkenalkan keterampilan baru, yang secara logis terkait dengan tingkat perkembangan.
  • Pemotretan bawah air akan diadakan pada akhir setiap periode.

Membentuk otot

Membentuk otot

Waktu berenang membantu meningkatkan perkembangan otot dan kontrol penting pada bayi di usia muda. Bayi perlu mengembangkan otot-otot yang diperlukan untuk mengangkat kepala, menggerakkan tangan dan kaki mereka, dan melatih inti mereka dalam koordinasi dengan seluruh tubuh mereka. Tidak hanya meningkatkan kekuatan dan kemampuan otot mereka dari luar, tetapi baby swimming juga memberikan manfaat internal dengan membuat sendi-sendi mereka bergerak. Berenang juga bagus untuk kesehatan jantung dan akan membantu memperkuat jantung, paru-paru, otak, dan pembuluh darah bayi Anda.

Meningkatkan koordinasi dan keseimbangan

Meningkatkan koordinasi dan keseimbangan

Seiring dengan pembentukan otot, waktu di kolam renang dapat membantu bayi Anda meningkatkan koordinasi dan keseimbangan. Tidak mudah belajar menggerakkan lengan dan kaki kecil itu bersama-sama. Bahkan gerakan kecil yang terkoordinasi dapat menandakan lompatan besar untuk perkembangan bayi Anda. Tidak hanya itu, berenang juga dapat membantu meningkatkan perilaku anak-anak ketika mereka tumbuh. Hal ini dikarenakan mereka dilatih untuk mendengarkan instruktur dewasa sebelum masuk ke dalam air dan diminta untuk mengikuti instruksi.

Memperbaiki pola tidur

Memperbaiki pola tidur

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, waktu berenang membutuhkan banyak energi untuk bayi. Mereka berada di lingkungan yang baru, menggunakan tubuh mereka dengan cara yang benar-benar baru, dan mereka bekerja ekstra keras untuk tetap hangat. Semua aktivitas ekstra itu menghabiskan banyak energi, sehingga Anda mungkin memperhatikan bahwa si kecil lebih mengantuk setelah pelajaran berenang. Anda mungkin harus menjadwalkan waktu untuk tidur siang setelah berenang atau memajukan jadwal tidur pada hari-hari ketika waktu berenang.

Meningkatkan nafsu makan

Meningkatkan nafsu makan

Tidak ada yang seperti hari biasanya, berada di kolam renang akan membuat Anda lapar, dan bayi tidak berbeda. Semua aktivitas fisik di dalam air, serta energi yang dibutuhkan tubuh kecil mereka untuk tetap hangat, membakar banyak kalori. Anda mungkin akan melihat peningkatan nafsu makan bayi Anda setelah waktu berenang yang teratur.

Itulah keseluruhan 8 manfaat potensial dari baby swimming. Bagi Anda yang sedang mencari ahli yang menawarkan baby swimming, maka Anda dapat mempercayakannya pada Aquababies. Aquababies ini sendiri adalah pelopor dunia dalam dalam meneliti dan mengajar Baby Swimming, di mana kami telah berhasil menanamkan kepercayaan terhadap air pada bayi berusia 0 bulan hingga 3 tahun. Adapun program yang kami sediakan adalah

  • Setiap periode berlangsung selama 10 minggu dalam durasi.
  • Setiap kelas berlangsung sekitar 30 menit, kecuali untuk kelas Hatchlings kami (0-5 bulan).
  • Setiap minggu memiliki tema di mana kami memperkenalkan keterampilan baru, yang secara logis terkait dengan tingkat perkembangan.
  • Pemotretan bawah air akan diadakan pada akhir setiap periode.

Kami juga menyediakan kelas dengan berbagai tingkatan dan umur. Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Baby Swimming di Aquababies, dapat Anda peroleh melalui website official Aquababies di https://aquababiesindonesia.id/our-program/ .