Les Renang Anak: 7 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Kursus Renang untuk Anak Anda

Berenang dianggap sebagai langkah penting dalam perkembangan anak, termasuk perkembangan fisik, mental hingga perkembangan sosial dan kepribadian sang anak. Tidak hanya itu, pelatihan yang baik sangat penting untuk mencegah kecelakaan seperti tenggelam. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak orang tua yang berusaha memberikan sang anak les renang atau kursus renang. Namun, berdasarkan Penerbitan Kesehatan Harvard, ada tujuh hal penting yang perlu diperhatikan oleh orang tua sebelum memasukkan anak ke dalam les renang atau kursus renang. Berikut ini adalah tujuh hal penting tersebut.

Kapan anak perlu ikut les renang

les renang

Saat ini, kursus renang bayi memang ada banyak, tetapi disarankan untuk menunggu sampai seorang anak cukup umur untuk dapat mengikuti instruksi guru. Empat tahun adalah usia yang baik, karena anak-anak pada usia ini memiliki keterampilan kognitif untuk belajar. Namun tidak menutup kemungkinan untuk anak-anak usia dini, yaitu antara usia 1 dan 4 untuk belajar berenang dan mengikuti kursus renang. Mereka dapat mempelajari keterampilan yang berguna jika mereka jatuh ke air.

Pastikan lingkungan aman

kolam renang bersih

Sebelum Anda memberikan sang anak kursus renang, Anda perlu memastikan kolam atau area berenang lain yang digunakan tersebut aman. Itu harus bersih, terpelihara dengan baik, dan menunjukkan aturan keamanan yang sesuai. Penjaga kolam tambahan di samping guru sangat penting, karena mereka dapat membantu mengawasi anak-anak dan dapat memberikan pertolongan pertama dalam keadaan darurat.

Hindari kelompok belajar yang terlalu besar

kursus renang

Memiliki lebih sedikit anak dalam kelompok belajar itu akan lebih baik, terutama jika anak-anak masih muda dan pemula. Hal ini dikarenakan instruktur renang bertanggung jawab atas seluruh anak yang diajarnya dan mampu menanganinya.

Orang tua bisa menonton, tetapi tidak mengganggu

Orang tua bisa menonton, tetapi tidak mengganggu

Masuk akal bahwa orang tua ingin menonton anak-anak mereka bersenang-senang dan membuat kemajuan. Namun, untuk menghindari gangguan, lebih baik Anda berada jauh dari lokasi sang anak dan cukup menontonnya. Beberapa kolam renang bahkan memiliki deck atau jendela untuk observasi untuk menyaksikan awal atau akhir pelajaran.

Menggunakan perangkat pelampung secara bertanggung jawab

Menggunakan perangkat pelampung secara bertanggung jawab

Perangkat pelampung bisa menjadi berkah atau gangguan. Jika digunakan secara bertanggung jawab, mereka bermanfaat untuk menjaga anak-anak tetap aman dan mempelajari posisi serta teknik yang tepat. Setelah mereka merasa aman di dalam air, penting untuk melepas penggunaan perangkat pelampung ini, karena anak-anak dapat bergantung padanya.

Jangan menyerah!

Jangan menyerah!

Berenang adalah pengalaman yang sama sekali baru dalam kehidupan anak kecil. Untuk itu, merupakan hal yang normal untuk merasa takut pada awalnya. Jika seorang anak ingin berhenti dari kursus renang, penting bahwa orang tua memotivasi dan mendorong mereka untuk tidak menyerah. Instruktur renang dapat mendukung dalam situasi ini juga.

Waspadai risikonya

Waspadai risikonya

Tidak peduli seberapa bagus atau kuat seorang perenang, selalu ada risiko tenggelam. Anak-anak dapat mudah lelah, terluka, terperangkap, atau kehilangan arah, dan kehilangan kekuatan. Untuk itu, memiliki pengawasan tambahan adalah suatu keharusan.

Itulah tujuh hal penting yang perlu diperhatikan oleh orang tua sebelum memasukkan anak untuk les renang atau kursus renang. Bagi Anda yang tertarik untuk memberikan anak Anda les renang, maka Anda dapat mempercayakannya pada Aquababies. Aquababies ini sendiri adalah pelopor dunia dalam dalam meneliti dan mengajar Baby Swimming, di mana kami telah berhasil menanamkan kepercayaan terhadap air pada bayi berusia 0 bulan hingga 3 tahun. Adapun program yang kami sediakan adalah

  • Setiap periode berlangsung selama 10 minggu dalam durasi.
  • Setiap kelas berlangsung sekitar 30 menit, kecuali untuk kelas Hatchlings kami (0-5 bulan).
  • Setiap minggu memiliki tema di mana kami memperkenalkan keterampilan baru, yang secara logis terkait dengan tingkat perkembangan.
  • Pemotretan bawah air akan diadakan pada akhir setiap periode.

Kami juga menyediakan kelas dengan berbagai tingkatan dan umur. Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Baby Swimming di Aquababies, dapat Anda peroleh melalui website official Aquababies di https://aquababiesindonesia.id/our-program/ .